Kajian hadits arbain- menjalankan syariat
Kajian hadits arbain- menjalankan syariat

Dalam hadits ini sahabt An Nu’man bin Qauqal ia meminta pendapat sekaligus bertanya kepada Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa sallam. Ia meminta pendapat tentang 3 hal.

#1. Melaksanakan Sholat Wajib.
#2. Berpuasa Ramadhan.
#3. Menghalalkan yang halal dan mengharamkan yang haram.

Dilanjutkan pertanyaan. Apakah saya masuk surga? Nabi menjawab “Ya”

Kutipan hadits arbain Nawawi ke 22 ini secara detil sebagai berikut

عَنْ أَبِي عَبْدِ اللهِ جَابِرْ بْنِ عَبْدِ اللهِ الأَنْصَارِي رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا : أَنَّ رَجُلاً سَأَلَ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ : أَرَأَيْتَ إِذَا صَلَّيْتُ اْلمَكْتُوْبَاتِ، وَصُمْتُ رَمَضَانَ، وَأَحْلَلْتُ الْحَلاَلَ، وَحَرَّمْت الْحَرَامَ، وَلَمْ أَزِدْ عَلَى ذَلِكَ شَيْئاً، أَأَدْخُلُ الْجَنَّةَ ؟ قَالَ : نَعَمْ

Dari Abu Abdullah, Jabir bin Abdullah Al Anshary radhiallahuanhuma : Seseorang bertanya kepada Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa sallam, seraya berkata : Bagaimana pendapatmu jika saya melaksanakan shalat yang wajib, berpuasa Ramadhan, Menghalalkan yang halal dan mengharamkan yang haram dan saya tidak tambah sedikitpun, apakah saya akan masuk surga ?. Beliau bersabda : Ya. HR. Muslim. No. 15

Para Sahabat Dzikir. Dua hal penting dari hadits ini adalah;

#1. Bertanya tentang Syari’at. Pada masa Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa sallam Jika para sahabat mendapatkan masalah apapun (tentang Islam) maka ia pergi kepada Nabi dan bertanya. Bagaimana jika hari ini? Maka bertanyalah pada ahlinya. Para ulama, para guru dan ustaz. Pengetahuan itu juga bisa kita dapatkan membaca buku, menyimak video bahkan mungkin membaca posting di sosial media. Hindari mengerjakan sesuatu yang memang kita ragu untuk melakukannya. Karena semakin besar keraguan maka potensi untuk menyimpang akan semakin besar.

#2. Menjalankan amal saleh. Point kedua dari posting ini adalah menjalankan amal saleh. Amal saleh yang dilakukan secara tulis dan mengharap keridhaan Allah Subhanahu Wa Ta’ala akan memperbesar potensi mendapatkan surga Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Tentu potensi mendapatkan surga Allah akan lebih besar dibanding yang tidak melakukan amal saleh sekalipun. Betul?