Cara lain sedekah
Cara lain sedekah

Kajian hadits Arbain ke 26 ini adalah kajian hadits tentang sedekah. Tentu jika bicara sedekah adalah menyedekahkan sebagian harta dari rezeki yang Allah berikan. Pertanyaannya mungkin bagaimana dengan orang yang tidak memiliki cukup harta?

Hal ini pernah ditanyakan oleh sahabat pada masa Rasulullah, bagaimana dengan sahabat yang tidak cukup memiliki harta untuk disedekahkan? Hadits ini menjelaskan bahwa berbuat baik adalah bagian dari sedekah.

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : كُلُّ سُلاَمَى مِنَ النَّاسِ عَلَيْهِ صَدَقَةٌ، كُلُّ يَوْمٍ تَطْلُعُ فِيْهِ الشَّمْسُ تَعْدِلُ بَيْنَ اثْنَيْنِ صَدَقَةٌ، وَتُعِيْنُ الرَّجُلَ فِي دَابَّتِهِ فَتَحْمِلُهُ عَلَيْهَا أَوْ تَرْفَعُ لَهُ عَلَيْهَا مَتَاعَهُ صَدَقَةٌ وَالْكَلِمَةُ الطَّيِّبَةُ صَدَقَةٌ، وَبِكُلِّ خُطْوَةٍ تَمْشِيْهَا إِلَى الصَّلاَةِ صَدَقَةٌ وَ تُمِيْطُ اْلأَذَى عَنِ الطَّرِيْقِ صَدَقَةٌ

Dari Abu Hurairah radhiallahuanhu dia berkata : Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : Setiap anggota tubuh manusia wajib disedekahi, setiap hari dimana matahari terbit lalu engkau berlaku adil terhadap dua orang (yang bertikai) adalah sedekah, engkau menolong seseorang yang berkendaraan  lalu engkau bantu dia untuk naik kendaraannya atau mengangkatkan barangnya adalah sedekah, ucapan yang baik adalah sedekah, setiap langkah ketika engkau berjalan menuju sholat adalah sedekah dan menghilangkan gangguan dari jalan adalah sedekah. HR. Bukhari. No. 2989

Dalam penjelasan di sini semua perbuatan baik adalah sedekah. Berikut beberapa bentuk kegiatan sedekah

#1. Sedekah anggota tubuh. Manusia terdiri dari dua komponen, jasad dan ruh. Jasad adalah kendaraan dimana seluruh kegiatan dilaksanakan. jasad melaksanakan apa yang anda instruksikan. Jasad anda diajak berlari, jasad anda diajak menderita dan seterusnya.

Berbuat baik terhadap jasad kita adalah sedekah. Memberi hak kepada badan untuk istirahat setelah seharian kerja adalah sedekah. Mengkonsumsi asupan gizi adalah sedekah. Pergi main futsal dan berolah raga adalah sedekah.
Beri kesempatan kepada jasad kita agar beristirahat sejenak. Ada pepatah “Dalam badan yang sehat terdapat jiwa yang sehat”. Begitu kira-kira pepatah itu.

#2. Berlaku adil adalah sedekah. Ketika anda berdiri dalam sebuah konflik lalu anda tidak memihak kepada pihak mana pun dan menghendaki damai antara keduanya maka anda juga sedekah.

#3. Membantu dijalan. Banyak yang bisa dilakukan dijalan dan perbuatan baik dijalan adalah sedekah juga. Memberi jalan pengendara lain jalan untuk lewat adalah sedekah. Membantu orang lain menaiki kendaraannya adalah sedekah. Membantu orang lain menyeberang juga sedekah.

#4. Perkataan baik. Berkata dan bertutur dengan baik adalah sedekah. Kebalikannya berkata tidak baik adalah keburukan. Perkataan baik berasal dari pikiran yang baik. Maka pikirkan dahulu apa yang hendak anda ucapkan agar apa yang anda ucapkan bernilai kebaikan.

#5. Jalan menuju masjid. Perjalanan menuju masjid untuk melakukan kebaikan adalah sedekah. Menuju ke masjid untuk menjalankan ibadah sholat berjamaah adalah sedekah.

#6. Menghilangkan gangguan dijalan. Menyingkirkan kerikil atau batu dijalan adalah sedekah. Membuang pecahan kaca di jalan juga sedekah. Membantu dorong mobil mogok juga sedekah.

Hadits ini menjadi penguat hadits arbain sebelumnya (No. 25) yang berkait dengan berbuat sedekah.

SEMOGA BERMANFAAT

Terus dan senantiasa berdzikir dengan mengucapkan

سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ سُبْحَانَ اللَّهِ الْعَظِيمِ

Subhanallah wa bihamdihi subhaanallaahil azhim

“Maha Suci Allah dengan segala pujian-Nya dan Maha Suci Allah Yang Maha Agung”