Asmaul husna Ar-Rahman
Asmaul husna Ar-Rahman

Nama Allah No. 1

Nama. Ar-Rahman  – الرحمن

Artinya. Allah Maha Pemurah

Ar-Rahman (الرحمن )  Artinya Allah yang memiliki nama Maha Pengasih atau Maha Pemurah.

Banyak ayat yang berkait dengan kasih sayang atau kasih sayang Allah kepada hambanya. Dalam surat Al-Fatiha [1] kita menemukan kalimat

الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ

Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. QS. Al-Fatiha [1] : 3

Ditemukan juga dalam Hadits dari Abi Hurairah.

كَلِمَتَانِ خَفِيفَتَانِ عَلَى اللِّسَانِ ثَقِيلَتَانِ فِي الْمِيزَانِ حَبِيبَتَانِ إِلَى الرَّحْمَنِ سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ سُبْحَانَ اللَّهِ الْعَظِيمِ

Ada dua kalimat yang ringan di lisan, berat di timbangan, dan disukai Arrahman, Subhanallah wabihamdihi dan Subhaanallahul ‘azhiim

Dzikir diatas yaitu

سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ سُبْحَانَ اللَّهِ الْعَظِيمِ

Subhanallah wabihamdihi dan Subhaanallahul ‘azhiim

Sangat disukai Allah Subhanahuwatalla. Hadist diatas ungkapan Allah diganti dengan Ar-Rahman. Artinya Allah sangat menyukai Dzikir itu.

Ar-Rahman adalah Allah yang memiliki sifat pemberi kasih sayang kepada seluruh makhluk tidak hanya manusia tapi juga semua makhluk ciptaan Allah  Subhanahu Wa Ta’ala yang ada di jagat ini. Tidak hanya dibumu tapi juga diseluruh planet yang ada di alam semesta. Tidak hanya manusia tapi juga hewan dari mulai hewan yang paling kecil sampai hewan yang paling besar.

Allahu Akbar. Betapa besar kekuasaan dan kasih sayang Allah Subhanahu Wa Ta’ala kepada segenap makhluk ciptaan Allah Ajawajalla.

Jika membicarakan kasih sayang maka yang kita terima dari Allah adalah berupa rezeki maka kita akan membicarakan 4 macam rezeki yang umum diterima oleh makhluk Allah.

#1. REZEKI  YANG DIJAMIN

Rezeki ini sudah pasti didapatkan oleh seluruh makhluq Allah. Tanpa diminta rezeki ini sudah siap digunakan. Allah menyediakan alat untuk mengelola rezeki yang tersedia dengan gratis. Rezeki ini bisa didapatkan meski tanpa berusaha keras pasti diberi.

Dalam contoh ini adalah oksigen. Dengan oksigen ini manusia dan makhluk lainnya bisa terus melanjutkan hidup. Sedikit saja rezeki ini dikurangi pasti akan tersika. Apalagi pasokannya dihentikan.

Kalo sudah begini betapa besar rezeki yang Allah berikan kepada makhluknya. Jika mau menghitung rezeki yang Allah berikan kepada kita coba saja hitung. Tidak usah jauh-jauh oksigen yang kita hirup setiap hari saja. Coba berapa banyak oksigen yang kita hirup selama 24 Jam.

Jika dalam setiap jam manusia membutuhkan 24 liter oksigen. Maka dalam 24 jam membutuhkan 576 liter oksigen. Jika dalam satu liter harga oksigen adalah Rp. 20.000 maka jumlahnya adalah 24 x 20.000 = Rp. 480.000 untuk satu hari konsumsi oksigen.

Bagimana jika anda menghirup udara dalam satu minggu? Satu bulan dan seterusnya. Tentu angka yang cukup besar hanya untuk mengkonsumsi oksigen yang kadang kita luput untuk mensyukuri.

Rezeki yang kita dapatkan itu didapatkan dengan cara mudah dan gratis. Tidak ada tagihan yang datang gara-gara menghidurup oksigen telat bayar. Atau memutus secara sepihak aliran oksien ke jantung kita 🙂

Dalam surat Huud Allah berfirman.

وَمَا مِن دَابَّةٍ فِي الْأَرْضِ إِلَّا عَلَى اللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۚ كُلٌّ فِي كِتَابٍ مُّبِينٍ

Tidak ada suatu mahlukpun (termasuk manusia) yang bergerak di atas bumi ini yang tidak dijamin oleh Allah rezekinya:.  QS Huud [11]: 6

 

#2. REZEKI YANG DIJEMUT/DIUPAYAKAN

Rezeki yang dijemput adalah rizki yang diupayakan. Allah telah menakar masing-masing dari kita dengan takaran pas. Tidak dikurang atau dilebihkan rezeki seseorang kepada yang lainnya.

Meski toko sayuran dipasar dihuni oleh para pedagang sayuran yang semuanya hampir sama menjual sayuran yang sama tapi jumlah penghasilan hari itu pasti tidak sama. Padalah sayuran yang diambilnya adalah sayuran yang sama dari petani yang sama dengan pupuk dan kebun yang sama.

Allah tentu akan melebihkan rezeki seseorang atas yang lainnya berdasar usaha yang telah dilakukan. Meski sama-sama jual sayur jika yang satu lebih rajin, lebih murah, lebih kreatif dalam berjualan pasti hasil yang akan didapatkan tentu akan berbeda.

Rezeki ini akan selalu berbanding lurus dengan apa yang telah diupayakan. Semakin rajin maka semakin besar yang didapat. Hal ini dikonfirmasi dengan ayat berikut.

وَأَن لَّيْسَ لِلْإِنسَانِ إِلَّا مَا سَعَىٰ

Tidaklah manusia mendapat apa-apa, kecuali apa yang telah diusahakannya”. QS An-Najm [53]: 39.

#3. REZEKI BALASAN AMAL BAIK

Rezeki ini diberikan Allah kepada hambanya atas sebuah amal baik yang telah diperbuatnya. Seorang hamba sadar bahwa apa yang ia lakukan akan berbuah balasan meski balasannya tidak harus berupa materi yang ia keluarkan.

Penjelasan ini lebih mudanya adalah tentang amal sedekah. Seperti janji Allah dalam surat Al-Baqoroh [2].

مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui. Al-Baqoroh [2] 261.

Dalam ayat diatas angka balasan tidak harus 700 kali lipat tapi bisa lebih.

#4. REZEKI KARENA KETAQWAAN

Rezeki ini ekslusif hanya diberikan kepada seorang Mukmin yang bertakwa. Rezeki yang diberikan Allah kepada hambaNya adalah bentuk dari kasih sayang Allah kepada hambanya yang bertaqwa.

Banyak sekali ayat2 yang berkait dengan balasan dari ketaqwaan. Salah satunya seperti dalam QS Ath-Thalaq [65] ini.

ۚ وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا

Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. QS Ath-Thalaq [65] : 2

وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ ۚ وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ

Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. QS Ath-Thalaq [65] : 2

Allah akan memberikan jalan keluar kepada hambanya yang bertaqwa. Rezeki pun akan diberiNya tanpa disangka-sangka. Yang paling penting dari ayat ini adalah dicukupkan semua keperluan nya.

SEMOGA BERMANFAAT

Terus dan senantiasa berdzikir dengan mengucapkan
سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ سُبْحَانَ اللَّهِ الْعَظِيمِ
Subhanallah wa bihamdihi subhaanallaahil azhim
Maha Suci Allah dengan segala pujian-Nya dan Maha Suci Allah Yang Maha Agung

Related Post

Asmaul Husna – Ar-Rahim – Maha Pengasih (2/99) Nomor. 2Nama. Arrahim.Arab. الرحيمArti. Maha PengasihMakna. Allah Subhanahu Wa Ta'la memberi kasih sayangNya hanya kepada orang-orang ...
Asmaul Husna – Al-Qudus – Maha Suci (4/99) Nomor. 4Nama. Al-Qudus.Arab. الْقُدُّوسُArti. Mahasuci atau maha mensucikanInggris. The Most SacredMakna. Allah suci dari kekotora...
Asmaul Husna – Assalam – Pemberi Keselamatan (5/99... Nomor. 5Nama. AssalamArti. Allah yang memberi keselamatanArab. السَّلاَمُInggris. The Embodiment of PeaceMakna. Allah Subhanahu Wa...